Pelatihan Pembuatan Peta Desa

  • Sep 16, 2023
  • Henokh Kondo Allo

Rabu,13/09/2023 Seiirng kemajuan teknologi, maka segala hal yang berkait dengan desa hampir semuanya berbasi aplikasi, baik itu offline maupun online, seperti halnya, aplikasi kependudukan , keuangan desa, termasuk kali ini peta desa. Aplikasi yang digunakan untuk penngelolaan peta desa menggunakan "Google Earth"

Google Earth Pro adalah aplikasi geospasial yang menampilkan Bumi secara virtual

Untuk menunjang kemudahan dalam pengoperasiannya maka perlu dilakukan pelatihan. Karena itulah, pada hari Rabu, tanggal 13 September 2023, didadakan sebuah pelatihan yang diikuti oleh kaur desa, Yunita Hapsari dan Kader Digital Henokh Kondo Allo di gedung serbaguna desa jono oge.

Tim dari Pemerintahan Kabupaten Sigi mengajari peserta cara membuat peta desa dengan menggunakan aplikasi Google Earth ProWin-x64. Peserta diajarkan cara menginstal software google earth proWin-x64, pengenalan fitur-fitur yang ada dalam google earth, dan teknis pengolahan data.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sigi berharap para peserta dapat memahami konsepsi dasar pemetaan, mampu menyusun dan mengelola basis data serta menyajikan informasi dalam bentuk peta menggunakan aplikasi google earth

Setelah pelatihan aplikasi Google Earth ini, peserta diharapkan mampu membuat peta tematik desa dan menyajikan informasi batas desa dalam bentuk  peta, sehingga dapat dijadikan sebagai referensi perencanaan program pembangunan di desanya masing-masing.