POSYANDU LANSIA DESA JONO OGE

  • Aug 09, 2023
  • Henokh Kondo Allo

Posyandu tidak hanya penting bagi balita maupun ibu hamil. Lansia juga membutuhkan posyandu untuk memantau kesehatan mereka.Oleh karena itu Kader Kesehatan dan Bidan Desa rutin meyelenggarakan Posyandu Lansia yang bertempat di Dusun IV Desa Jono Oge. Selasa (08/08/2023)

Posyandu biasanya diadakan sebulan sekali baik itu posyandu lansia, maupun posyandu balita. Di Desa Jono Oge jumlah lansia yang terdaftar sebanyak + 70 Lansia. Seperti biasanya posyandu lansia kali ini masih mengagendakan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan pengecekan tekakan darah, pengecekan gula darah, pemberian obat Amlodipine, Simvastatin dan Pemberian Makanan Tambahan ( PMT )

Tujuan Posyandu Lansia adalah :
-Meningkatnya jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia.
-Mendekatkan keterpaduan pelayanan lintas program dan lintas sektor serta meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan.
-Mendorong dan memfasilitasi lansia untuk tetap aktif, produktif, dan mandiri serta meningkatkan komunikasi di antara masyarakat lansia.

Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dan Desa dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.